Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Salah satu pesyaratan terpenting untuk seorang manajer yang berhasil adalah kemampuan membuat keputusan yang baik, dan salah satu alat terpenting yang di pergunakan oleh para manajer yang berhasil adalah metodologi ekonomi manajerial
Ekonomi manajerial menerapkan teori dan metode ekonomi dalam bisnis dan pengambilan keputusan administratife, karena menggunakan alat- alat ekonomi untuk memecahkan masalah manajerial, manajerial ekonomi mengaitkan ekonomi tradisional dengan ilmu keputusan untuk mengembangkan alat penting bagi pengambil keputusan manajerial. Untuk masalah Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial ini, akan di jelaskan dengan sebuah contoh bagan.

1.2 Rumusan Masalah
Dalam makalah ini menjelaskan secara terperinci dari maksud dari bagan Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial yang telah di sajikan.

1.3 Tujuan
Agar bisa mengetahuin penjelasan dari bagan yang telah di sajikan tersebut. Agar bisa menambah pengetahuan si pembaca.

BAB II
PEMBAHASAN

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

(BAGAN RUANG LINGKUP EKONOMI MANJERIAL)

Ekonomi manajerial dapat didefinisikan sebagai aplikasi dari teori ekonomi terutama teori ekonomi mikro, serta berbagai alat dalam analisis dalam ilmu pengambilan keputusan bisnis dan administrati yaitu tentang bagaimana perusahaan dapat mencapai tujuan atau sasarannya dengan cara yang paling efisien. Masalah keputusan manajemen ini muncul karena di dalam upaya mencapai sasaran yang telah ditetapkan, organisasi menghadapi kendala.
Sebagai terapan ilmu, ekonomi manajerial mempunyai kaitan yang erat dengan beberapa ilmu yang lain. Kaitan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:
Teori Ekonomi dalam pengambilan keputusan akan memberikan landasan teori untuk melakukan peramalan serta penjelasan perilaku ekonomi dengan menggunakan model-model. Teori ekonomi mikro teruatama berkaitan dengan teori perusahaan ilmu pengambilan keputusan menyediakan berbagai macam alat seperti matematika, statistik, ekonometrika yang sangat berguna untuk penyusunan model serta estimasi keputusan, tentu saja dalam upaya pencapaian tujuan dengan cara yang paling efisien.

Teori Ekonomi
Mikroekonomi adalah cabang yang berfokus pada bagaimana individu, rumah tangga, dan organisasi membuat keputusan mereka untuk mendistribusikan sumber daya yang terbatas, biasanya di pasar yang melihat perdagangan barang atau jasa.

Makroekonomi adalah cabang yang mempelajari “jumlah total kegiatan ekonomi, berhubungan dengan masalah pertumbuhan, inflasi, pengangguran, kebijakan nasional ekonomi yang berasal dari inisiatif pemerintah (misalnya perubahan tingkat pajak, dll.

Ilmu Keputusan
Matematika Ekonomi disajikan sebagai peralatan dalam upaya membahas persoalan/permasalahan ekonomi yang mencakup pengertian-pengertian, dalil-dalil, dan rumus-rumus serta teknik-teknik penggunaan matematika dalam pembahasan permasalahan ekonomi.

Ekonometrika adalah ilmu yang membahas masalah pengukuran hubungan ekonomi. Dengan demikian, Ekonometrika adalah ilmu yang mencakup teori ekonomi, matematika, dan statistika dalam satu kesatuan sistem yang bulat, menjadi suatu ilmu yang berdiri sendiri dan berlainan dengan ilmu ekonomi; matematika; maupun statistika. Ekonometrika digunakan sebagai alat analisis ekonomi yang bertujuan untuk menguji kebenaran teorama-teorama.

Masalah Keputusan Manajemen :
• Harga dan keluaran produk
• Membuat atau membeli
• Teknik Produksi
• Tingkat Persediaan
• Media dan Instansi Periklanan
• Penerimaan dan Pelatihan Tenaga Kerja
• Investasi dan Pendanaan

Pemecahan optimal terhadap masalah-masalah Keputusan Manajerial

Konsep Ekonomi
Kerangka Kerja untuk Keputusan :
1.Teori Perilaku Konsumen
2.Teori Perusahaan
3.Teori Struktur dan Penetapan Harga Pasaran

Ilmu Keputusan
Alat dan teknik Analisis :
• Analisis Numerik
• Estimasi Statistik
• Peramalan
• Teori Permainan
• Optimisasi

BAB III
PENUTUP

Demikian yang dapat di paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam paper ini. Sebagai kesimpulannya, dalam sebuah organisasi, seorang Manajer harus mempunyai ilmu teori-teori ekonomi yang bagus. Baik itu secara Mikro maupun Makro. Dengan cara memahami dengan benar, rangkaian proses demi proses yang terjadi pada bagan Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial. Untuk dapat mnegambil keputusan yang tepat, dan mendapatkan solusi optimal dari berbagai masalah yang di hadapi selama proses manajerial tersebut.

Referensi

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ekonomi_manajerial/bab1_penaduhuan.pdf

http://www.google.co.id

ekonomimanajerialunika.files.wordpress.com/2008/10/1.doc

http://bakoljamu.blogspot.com/2010/10/sifat-dan-ruang-lingkup-ekonomi.html

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: