Menariknya Orang Indonesia itu…

1. Orang Indonesia itu… pemalu…

Yapp..Orang Indonesia itu pemalu. Mulutnya seringkali kaku diam tidak bergerak sedikit pun apabila di suatu keadaan dimintai pendapat. Saat orang itu ditanya tentang pendapatnya… maka dia akan menjawab dengan anggukan sambil tersenyum penuh keramahan tanpa mengeluarkan sepatah kata pun. Apakah orang-orang Indonesia lagi paceklik ide???? Tidak!!! Berbagai ide cemerlang sebenarnya ada di setiap benak orang Indonesia. Sayangnya… orang Indonesia itu sangat-sangat lebih mengutamakan pendapat orang lain dari pada pendapat dirinya sendiri. Biasalah… orang Indonesia kan bener ngejaga banget tu ama yang namanya perasaan orang lain.

2. Orang Indonesia itu… tabah…

Ketabahan orang Indonesia sudah tidak dapat dinilai lagi. Banyak sekali kejadian-kejadian yang seringkali menyurutkan semangat hidup. Mulai bencana yang terjadi dimana-mana. Tidak stabilnya perekonomian yang imbasnya kepada meroketnya harga-harga kebutuhan pokok. Apa yang orang Indonesia lakukan dengan keadaan seperti itu??? Tabah… Hanya saja masih ada sebagian kecil kelompok yang belum bisa menjadi orang Indonesia seutuhnya. Yang demo dengan kekerasan,demo dengan kutukan-kutukan dan sumpah serapah, dan sebagainya. Itu hanya sebagian kecil dari berjubelnya orang-orang Indonesia. Sisanya, hanya bisa menghembuskan nafas dengan lebih menyingsingkan lengan mengencangkan ikat pinggang untuk dapat bertahan hidup di negerinya yang kata orang kaya akan sumberdaya alam. Sambil berdoa kepada Tuhan: “Tuhan… Semoga badai cobaan ini cepat berlalu”.

3. Orang Indonesia itu… pekerja keras…

Aku termenung sekarang. Seribu sesal di hati ini karena dulu saat SMP aku sempat berpendapat di depan kelas bahwa orang Indonesia itu malas. Air mata ku hampir jatuh menetes, melihat sudah ramainya pasar di daerah ku. Padahal saat itu baru pukul 3 pagi. Orang-orang begitu bersemangatnya berdagang. Meskipun mereka tahu… keuntungan maksimal yang mereka dapat belum seberapa. Aku salut ketika ku lihat para petani sudah berangkat bertani pagi-pagi buta. Aku pikir hal itu hanya terjadi didalam sebuah novel belaka. Ternyata tidak… hal itu benar-benar terjadi. Seandainya para petani dan pedagang itu dimodali dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.  aku yakin!!! Alangkah majunya negara Indonesia kelak…

hee ^-^

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: