Program Yang Telah di Laksanakan Oleh Pemerintah

DARI MASALAH KELEMBAGAAN, PEMBIAYAAN, HINGGA REGULASI

Jangan pernah anggap enteng eksistensi koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah XJMKM) di Indonesia. Meski kerap dianggap rendah, akan tetapi sumbangsih sektor KUM KM terhadap perekonomian nasional sulit untuk dibantah. Bahkan, sektor ini merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional kala diterpa krisis, baik pada pertengahan 1997 maupun krisis global yang baru saja melanda.

Untuk itu, kementrian ini wajib memperluas penyuluhan mengenai koperasi. Pasalnya, banyak koperasi belum menjalankan prinsip-prinsip koperasi seperti demokrastisasi dalam kepengurusan, keterbukaan anggota, dan sebagainya.

Prinsip yang paling banyak dilanggar koperasi di seluruh Indonesia adalah memberikan edukasi kepada anggotanya. Padahal, kalau itu dilaksanakan secara besar-besaran oleh seluruh koperasi di Indonesia dan dikemas dengan baik, akan memiliki dampak positif sangat luar biasa.

Dan ketersediaan dana bukanlah masalah dalam hal edukasi tersebut. Karena, setiap koperasi itu menyisihkan dana pendidikan dalam setiap Sisa Hasil Usaha atau SHU-nya. Karena UU mewajibkan hal itu. UU menyebutkan, koperasi wajib menyisihkan dana dari SHU untuk cadangan modal, dana pendidikan, dan dibagikan kepada anggota.

Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan dan pengembangan peran strategis KUMKM, Menteri yang baru harus mampu mengedepan beberapa hal, diantaranya memfasilitasi akses pendanaan, memperbaharui kemampuan teknologi, membuka akses pasar,menggalakkan promosi dan produk branding, inovasi produk, serta melindungi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Dengan begitu diharapkan program-program tersebut juga dapat memperkecil kesenjangan antara UKM dan perusahaan besar.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: