GERAKAN BISNIS BERETIKA

Bisnis beretika adalah bisnis yang mengindahkan serangkaian nilai-nilai luhur yang bersumber dari hati nurani, empati, dan norma. Bisnis disebut etis apabila dalam mengelola bisnisnya pengusaha selalu menggunakan nuraninya. Apakah produk yang dijualnya baik? Apakah dia telah berpromosi dengan tidak menipu? Dan, apakah dia telah menggunakan praktik bisnis yang  jujur?

Bisnis beretika juga bisa dipahami sebagai bisnis yang berempati. Empati adalah suatu kehendak menempatkan atau memperlakukan orang lain sebagaimana diri kita ingin diperlakukan. Bisnis beretika tidak akan ‘mencederai’ konsumen. Seperti pepatah lama, “jangan mencubit kalau tidak ingin dicubit”.

Empati sangat penting untuk membatasi nafsu pengusaha dalam mencari keuntungan. Empati dari pengusaha juga bisa menumbuhkan simpati dari masyarakat konsumen khususnya, dan masyarakat  luas pada umumnya. Berbagai bentuk kegiatan karitatif seperti Corporate Social Responsibility juga bisa dianggap sebagai bagian dari empati dan kepedulian perusahaan pada masyarakat.

Bisnis beretika juga selalu mematuhi norma yang berlaku, baik norma kesusilaan, agama, adat, hukum, dan sebagainya. Artinya, bisnis beretika selalu mendengarkan ‘audit sosial’. Bisnis beretika akan bisa survive dan berkembang apabila telah berhasil melewati audit sosial ini.

 

http://www.bisnisberetika.blogspot.com/

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: